My Online Diary

Install Google AMP (Accelerated Mobile Pages) di WordPress

Baru-baru ini WordPress sudah mendukung untuk fitur Accelerated Mobile Pages (AMP), apa itu AMP? bagi yang belum tahu AMP adalah sebuah project opensource dari google yang khusus dikembangkan untuk membuat tampilan halaman web agar lebih cepat diakses di perangkat mobile.

Jadi intinya dengan mengaktifkan AMP, setiap visitor yang mengakses halaman website/blog kita melalui perangkat mobile, otomatis tampilannya akan secara khusus menyesuaikan untuk optimalisasi di perangkat mobile, sehingga website/blog akan lebih cepat dan ringan untuk diakses.

Jika ingin tahu lebih dalam tentang proyek Google AMP ini bisa langsung menuju ke link berikut ini, https://www.ampproject.org/docs/get_started/about-amp.html , disitu dijelaskan alasan dibuatnya project AMP dengan video yang mudah dimengerti dan juga dokumentasi dan acara bagaimana memulainya.

Kembali lagi ke wordpress, untuk penguna wordpress.com sendiri sudah bisa menggunakan fitur AMP ini, sementara untuk pegguna wordpress self hosted untuk bisa mengaktifkannya harus menginstal sebuah plugin yang bernama AMP https://wordpress.org/plugins/amp/ 

gAMP

 

 

 

Langkah-langkah untuk menginstall AMP di Wordpress :

  1. Install wordpress plugin AMP, dan aktifkan
    Plugin ini otomatis langsung aktif dan bekerja, untuk mengeceknya amp sudah aktif, silahkan buka sebuah url blog kita dengan ditambahkan /amp/ pada path terakhir url , contohnya
    https://andykamto.com/install-google-amp-accelerated-mobile-pages-di-wordpress/amp/
    Jika disitu terlihat tampilan yang minimalis, maka bisa dipastikan kita sudah berhasil mengaktifkan Accelerated Mobile Pages.
  2. Jika anda pengguna YOAST, setelah mengaktifkan amp, saya sarankan aktifkan juga Yoast SEO AMP glue plugin. Glue yoast ini berfungsi agar wordpress amp plugin tetap menggunakan metadata yoast seo dan memungkinkan kita untuk memodifikasi pada halaman desain amp.
  3. Kemudian Aktifkan juga plugin PageFrog ,
    Karena tampilan AMP sangat minimal, jadi jika kita ingin melakukan perubahan style pada AMP dengan wordpress, bisa menggunakan plugin ini.

Terakhir untuk memastikan google AMP ini berjalan dengan baik, lakukan validasi atau debugging dengan cara, buka salah satu url artikel AMP kita, dibelakang urlnya kita tambahkan /amp/#development=1, kemudian jika menggunakan chrome buka console dengan menekan tombol Ctrl+Shift+I dan pastikan pada tab “Console” tidak banyak peringatan atau error yang muncul di console, jika tidak ditemukan error/peringatan sama sekali berarti itu lebih baik.

Add a comment

Skip to toolbar